Keseruan eksplorasi di kampung zuhud

Hari 1 Tiba di kampung zuhud

Sekitaran jam 7 lebih aku sampai di stasiun tempat titik pertemuan klub oase dan kita semua langsung berkumpul untuk mengambil tiket kereta masing-masing, walaupun sempat panik karna telat sampai aku akhirnya bisa memegang tiket kereta menuju Tasik.

Jam 9 kereta kita yang berdestinasi akhir di purwokerto berangkat, Aku sangat senang sekali sampai hampir menangis setelah diberikan bermacam macam tantangan dari kakak-kakak mentor dan sempat hampir beberapa kali menyerah akhirnya aku bisa berangkat ke tasikmalaya bersama teman teman semuanya.

Jam 04:20 kereta yang kita semua naiki sampai di stasiun Tasikmalaya dan kita semupun turun lalu menaruh tas di mobil bak yang sudah di sewa oleh kakak-kakak mentor setelah itu berjalan menuju mushola, Karna aku tidak salat aku menjadi penjaga tas kecil di depan toilet, Jam 05:10 kita berangkat meinaiki mobil bak tempat kita menaruh tas besar masing-masing lalu berangkaattt.

Destinasi pertama kita adalah alun-alun Manonjaya, Disitu aku bermain benteng bersam anak perempuan lainnya dan yang laki-laki bermain bola tapi ga berapa lama anak laki-lakipun meminta untuk ikut bergabung dan jarak bentengnya pun diperluas, Aku selalu minta untuk jadi penjaga bentengnya karna aku males lari.

Setalah bermain cukup lama kita semua berangkat ke tujuan utama kita yaitu Desa Sukajadi, Selama perjalanan di mobil aku tidursih jadi ga begitu kerasa udah sampai tapi kita sampai di desanya itu jam 07:02, Setelah mengangkut tas ke saung kita semua sarapan menulis jurnal lalu diberi izin untuk tidur 1 jam atau untuk jalan-jalan dan jelas sekali aku pilih tidur dong setelah 1 jam yang tidak terasa kita bertemu dengan kepala desa Sukajadi dan memiliki sesi tanya jawab.

Jam 09:29 kita jalan-jalan mengilingi desa sambil membuat peta, Dan jam 11:22 kita kembali dan berdiskusi tentang hal apa yang didapet dari jalan-jalan melihat sekeliling desa.

(Peta yang kubuat)

Jam 11:47 kita semua makan sing setelahnya kita ganti baju untuk kotor-kotoran dan berenang, Sampai di kolam ikan aku duduk mojok aja tapi akhirnya aku dan khansa dipaksa masuk ke kolam ikannya dan aku panik takut nginjek ikannya dan teriak teriak ikannya hidup berkali-kali saking paniknya saat naik dari kolamnya aku kejedot atap rumah kecil yang deket kolam tapi saking malunya aku coba untuk kept it cool.

sehabisnya kita pergi ke bendungan dan pertamanya aku nyebur lalu mojok lagi bareng khansa dan kita ngobrol mau lompat dari bendungan juga atau nggak akhirnya setelah memutuskan akan lompat kita berdua lompat, karna sudah sore kita semua kembali ke saung dan disitu ngantri panjang banget dan aku baru bisa mandi pas yang lain salat, setelah itu makan malam dan berangakat kerumah inang dan disitu aku nonton tv sebentar lalu meminta izin untuk tidur duluan.

Hari 2 Ibu inangku itu...

05:13 kita baru sampai di saung karna kita baru bangun jam 5 dan harus buru-buru salat lalu lari ke saung, Sampai disana kita diberi tantangan 1 dan berdiskusi tentang hari 1 dengan kak Ayu.

05:28 aku dan reguku kembali kerumah inang kami dan aku membantu mencabut bulu ayam yang ayamnya akan dijadikan sarapan, 07:55 Akhirnya sarapannya siap dan kitapun memakan ayam semur yang sudah kita masak bersama ibu, Setelahnya kita berangkat ke sawah karna di sawah ada sumur untuk mencuci piring setelahnya kita main-main aja di pingiran sambil menunggu ibu mandi, 08:58 sampai kembali ke rumah dan karna kita gabut akhirnya kita menulis jurnal, 11:10 Kita bertiga membantu bapak membuat karpet dari sisa bungkus kopi, 12:15 Makan siang setelahnya melanjutkan menulis log book dan mengobrol.

Sekitaran jam 01:45 Kita pergi ke lapangan bola karna mendengar suara berisik dari sana dan aku ikut main bola karna anak cewek kurang 1 orang, Setelahnya kita pergi silaturahmi ke rumah Azalea dan bermain di rumah Orchid.

Saat kembali ke rumah Tisyara tidak ada di rumah sebelum berangkat ke rumah Orchid dia bilang ingin di rumah jadi Aku dan Naura keluar dan bertemu Tisyara di Lapangan, 03:00 Aku mandi aku sendiri gak nyangka akan mandi setelahnya aku melihat Naura dan Tisyara membantu ibu memasak jadi aku juga ikut membantu dan karna gabut Tisyara gabut dia mencoba beatboxing dan Naura mengetuk-ngetuk kayu ke lantai dan pas waktu itu juga tiba-tiba ada anak kucing yang mencakar karung dan kita bertiga juga ibu tertawa, 03:48 Naura dan Tisyara pergi main ke sawah sekalian menemani ibu mandi aku di rumah menggambar saja dan menulis jurnal Aku sempet ketiduran sebentar tapi pura pura ga tidur.

04:11 Tisyara dan Naura kembali dan bercerita tentang Bu uun yang mereka temui di sawah aku selalu ingetnya bu un (ulangan nasional), Dan setelah itu mengobrol bersama ibu setelah ibu kembali, 06:00 Naura dan Tisyara salat, 06:13 Makan malam, 06:30 Kita bertiga sampai di saung dan kak Ayu menagih tantangan 1 yang belum sepenuhnya kita selesaikan dan meminta kita untuk menyelesaikannya malam ini karna besok kita akan diberi tantangan baru, 07:42 kita sampai kembali ke rumah inang dan aku duduk di ruang tamu sambil menggambar dan  merasa gugup karna ibu tidak terlalu bisa bahasa indonesia jadi aku menunggu bapak 07:48 bapak datang dan aku mulai membuka pembicaraan sambil ibu melihatku menggambar, Jam 8 akhirnya aku bisa kembali ke kamar 09:19 Kita bertiga baru mulai tidur karna kebanyakan ngegibah.

Hari 3 Kegabutan yang melanda

04:29 Aku bangun lalu membangunkan Naura dan Tisyara sambil menunggu mereka salat aku mencoba menyadarkan diri, 04:44 kita berangkat ke saung sampai disana kita bertiga dan kak Ayu berdiskusi tentang tantangan 1 dan diberikan tantangan 2, 06:00 kembali ke rumah dan membantu ibu memasak perkedel dan tempe untuk sarapan dan kita sarapan, Sekitar jam 06:30 kita keluar rumah untuk mencari orang untuk diwawancarai karna di dekat rumah sudah banyak regu lain yang mulai wawancara dengan penduduk sekitar, Karna kita mau jadi tim yang out of ordinary kita pergi ke sawah dan bertemu dengan pak Suherman yang sedang menyapu dan mewawancarai dia tapi kita melakukanya seperti ngomong biasa dan untung aku menulis pertanyaanya di pergelangan tanganku jadi aku tidak lupa pertanyaannya.

07:14 Sampai kembali di rumah dan kita minum banyak sekali karna kita lupa bawa minum, 08:30 kita bertiga berjalan turun di saung karna minuman Tisyara habis saat ditengah jalan kita diberi pisang dari Nicho, Saat kembali Naura dan Tisyara pergi main ke rumah Azaela dan aku tetap di rumah karna aku lagi ga mood ngomong sama orang, 09:30 Tisyara dan Naura kembali, 10:00 Naura dan Tisyara pindah ke kamar untuk tidur dan saat itu juga mentor datang live di instagram lalu Naura dan Tisyara langsung bangun aku tetep duduk sih karna masih ga mood ngomong.

11:00 Kak sari dateng ke rumah Dan ga lama setelahnya Aliyah dan Taci datang main Naura dan Tisyara langsung bangun, 11:25 Taci, Aliyah, Naura dan Tisyara pergi ke rumah Azlea, 11:50 Naura dan Tisyara kembali, 12:00 Tisyara mandi dan aku ketiduran 12:18 Tisyara selesai mandi 12:25 Naura selesai mandi sehabis itu kita makan siang lauknya sama dengan sarapan jadi kita tidak perlu memasak, 13:45 Kita sampai di saung dan memulai memilih pohon untuk ditanam, Karna regu kita yang pertama selesai menanam pohon kita menanam pohon kedua yaitu pohon jambu air.

14:40 Kita kembali ke rumah inang masing-masing,15:48 Kita ingat kita disuruh berkumpul untuk bantu mempersiapkan acara pernikahan tapi karna hujannya sangat deras akhirnya batal, 17:10 Kita membantu ibu memasak lalu makan malam, 18:30 Kita bertiga berangkat ke saung tapi untungnya saat ditengah jalan diberi tahu kalu mentor sedang makan jadi kita menunggu dirumah Azela, 18:53 Berangkat ke saung dan membahas tantanga ke 2 setelahnya kita tidak diberi tantangan lagi dan melainkan diberi tantangan kita harus menyanyikan lagu dan memikirkan apa yang harus ditampilkan esok hari setelahnya kita menulis lagu kemudian latihan menyanyikan untuk di tampilkan esok malam.

20:02 Kita sampai di rumah dan meminta izin untuk tidur lebih dahulu, Karna Tisyara dan Naura sudah mengantuk akhirnya mereka tidur duluan, 21:59 Aku tidur setelah selesai memikirkan dan menulis scenario drama yang akan regu kita tampilkan besok malam.

Hari 4 Malam perpisahan

04:49 Bangun dan mulai packing barang barang setelah Naura selesai salat karna Tisyara sedang berhalangan untuk salat, 05:03 Sampai di saung dan membahas jadwal hari ini, 05:45 Kembali ke rumah lalu aku membantu memasak mie bihun, tempe, dan telor ceplok untuk sarapan 06:10 kita sarapan lalu melanjutkan packing barang lagi setelahnya jam 06:50 kita jalan ke saung dan membahas drama yang akan kita tampilkan besok, 07:00 kita berbaris dan mulai berjalan ke pabrik sotong sambil bernyanyi-nyanyi.

08:00 sampai di pabrik sotong dan sambil menunggu dipanggil reguku Matahari dan Orchid mengobrol sambil menunggu dipanggil.

09:00 Regu regu tersisa termasuk reguku dipanggil masuk dan disuruh masuk mencuci tangan lalu bisa membantu membuat sotong selama 10 menit setelah itu kita dibolehkan mengambil 10 sotong.

Setelah selesai membuat sotong kita kembali kerumah inang sebentar dan memberikan sotongnya kepada ibu, 09:34 Kita sampai kembali saung dan disana kita belajar cara membuat angklung dan cara memainkannya.

11:33 Kita bertiga kembali ke rumah dan memasak sotongnya lalu aku memakan beberapa sambil menunggu Naura salat kayaknyasih didsini Tisyara jalan jalan ke belakang jadi dia ga ikut makan denganku, Setelahnya kita bertiga berangkat ke saung lalu makan siang dan jalan menuju kolam ikan untuk menangkap ikann dan dijadikan ikan bakar untuk malam ini, Aku sangat senang karna di detik-detik terakhir akan naik aku mendapatkan ikan, karna di timer jamku kita sudah berada di dalam kolam ikannya selama 19:19 menit.

setelah kita naik anak cowok masuk dan saat mereka masuk mulailah turun hujan yang diawali dengan gerimis kecil kemudian menjadi sangat deras dan kita semua yang sudah selesai menangkap ikan panik karna anginnya kencang sekali dan ujannya juga sangat deras, Saung tempat kita menaruh taspun basah semua jadi kita menyelamatkan tas masing-masing dan menaruhnya di rumah mentor lalu bersembunyi di dapur dekat tinggal mentor karna tadinya kita mau bersembunyi di kamar mandi tapi ternyata atap kamar mandipun tertiup angin, Saat kita sedang berlindung ketakutan kita melihat anak laki-laki sedang main bola dan huja-hujanan akhirnya kita keluar dan ikut bermain juga.

Saat hujannya sudah mulai reda aku mandi saat yang lain masih bermain karna takut mengantri kalau kelamaan setelah mandi Aku, Tisyara dan Naura kembali kerumah untuk mandi disana Naura mandi duluan dan Tisyara menunggu di depan rumah sambil bermain dengan kucing, Sehabis Naura dan Tisyara selesai mandi jam 06:00 kita jalan ke saung dan aku kaget sekali ketika melihat anak cowok baru mau kembali dan mereka bilang kalau kita berkumpul disaungnya itu harusnya jam 7 tapi karna sudah terlanjur akhirnya jalan saja, Sampai di saung kita membahas drama yang akan ditampilkan dan jam 7 regu yang lain mulai berdatangan, Jam 8 kita pergi naik ke lapangan Bola dan menyalakan api unggun sambil makan malam.

Setelah banyak pertunjukan yang ditampilkan dari regu-regu nama reguku dipanggil dan jalanku gemeteran sekali saking gugupnya tapi akhirnya kita berhasil menapilkan drama tentang jangn jadi cewek pms yang suka ngerusak barang dan jangan buang sampah sembarangan.

Selesailah semua performance dari semua regu kali ini kita semua berkumpul dan menyanyikan 3 lagu yang sudah kita nyanyikan bersama kemarin.

Malam ini entah kenapa terasa pendek mungkin karna malam ini sangat seru jadi sampai tidak terasa sudah jam 11 dan kita semua kembali ke rumah untuk tidur, Didepan rumah aku mendengar ibu menyikat sandal yang ternyata adalah sendal kita bertiga jadi Aku dan Naura membantu ibu untuk menyikat sandalnya lalu tidur karna sudah sangat malam.

Hari 5 Kembali ke Jakarta

04:44 Aku bangun lalu membangunkan Naura untuk salat dan aku mulai mempacking tas lagi dan membereskan kasur, 05:48 Kita diberi oleh-oleh berupa bekal makan siang, Sale pisa, dan Kremes yang palng aku senengnya snacknya itu memiliki tempat setelah mendapatkan oleh-olehnya kita berterima kasih dan mengucapkan salam perpisahan, 06:20 Kakak mentor datang menjemput kita dan kita mengucapkan salam perpishan kedua kalinya dengan kak Sari temen ngebucin Aku, Naura dan Tisyara.

Setelah itu kita jalan menuju mobil yang akan membawa tas kita ke bus supaya kita tidak perlu kesusahan membawanya, Jam 7 setelah menaruh tas kita sarapan dan setelahnya kita berjalan menuju bis metro yang akan membawa kita ke pool bus budiman ada yang nyanyi dan ada juga yang tidur selama perjalanan di bisnya, Setelah 1 jam di bis kita sampai dan kita menaiki bis menuju kampung rambutan.

Di perjalanan aku tidur walau sempat terbangun beberapa kali karna pedagang terus masuk ke bis yang kita naiki , Sekitaran jam 3 hampir semua orang bangun karna anak cowok yang sudah mulai menyanyi dan mulai ga jelas saat hampir sampai, jam 6 kurang kita sampai di kampung rambutan dan karna papa sudah mengklakson mobil berkali kali akhirnya aku dan mama pulang duluan dan sampai di rumah reaksikupun "Waah disini jalanannya terang".