SATWA DI PULAU RAMBUT




Cangak Merah



Cangak Merah adalah Burung Bangau yang berukuran besar, dengan tinggi sekitar 60 cm dan berwarna abu-abu coklat kemerahan.
Ciri-ciri 
Iris mata yang berwarna kuning,
Paruh atas berwarna coklat dan paruh bawah berwarna kuning,
Terdapat setrip hitam menurun sepanjang leher yang berwana merah karat yang khas.
Bulu di punggung dan penutup sayap berwarna abu-abu, sedangkan bulu yang digunakan untuk terbang berwarna hitap.
Kaki berwarna coklat kemerahan
Habitat
Tenpat tinggal Cangak merah adalah lahan basah seperti : Pesisir Pantai, Mangrove, sawah, danau, aliran air, kadang terdapat juga di daerah perbukitan. Di Indonesia Cangak Merah ditemukan di wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara.
Makanan
Makanan Cangak Merah adalah ikan, katak, reptil, larva serangga, krustasea.





Kuntul
Burung Kuntul adalah bagian dari keluarga Ardeidae. Berkaki panjang, berleher panjang dan tersebar si seluruh dunia. Saat terbang leher burung kuntul tidak diluruskan, melainkan membentuk lehernya seperti huruf ‘ S’.
Habitat
Habitat burung Kuntul di lahan basah, di pantai atau terumbu karang.


Makanan
Makanan berupa ikan, Katak, dan hewan invertebrata. Spesies seperti Kuntul kerbau (Bubulcus ibis) memakan serangga yang berukuran lebih besar dan tidak terlalu tergantung pada tanah yang berair.



Bangau Bluwok



Dengan cara hidup berkelompok, Burung Bangau Bluwok adalah bagian dari suku Ciconidae.
Ciri-ciri 
Panjang tubuh sekitar 110 cm. Paruh besar, panjang. Dominan warna tubuh putih, bercak hitam di sayap primer dan muka botak berwarna merah muda. Kaki panjang berwarna merah muda. Jarang bersuara. Biasanya berupa gerangan rendah atau suara katupan paruh.
Habitat
Burung ini biasa dijumpai di perairan dangkal, sungai, pantai pasir, rawa dan sawah berlumpur. Burung Bluwok tersebar di Indocina, Malaysia, Sulawesi, Sumatera, Jawa, dan Sumbawa.
Makanan
Burung ini memakan ikan, katak dan hewan air lainnya. Mencari makan di sawah, pantai, rawa dan perairan dangkal lainnya.


Posting Komentar

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates