Tumbuhan yang terdapat di pulau rambut


TUMBUHAN YANG TERDAPAT DI PULAU RAMBUT


Pulau rambut adalah salah satu pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu, dan merupakan bagian dari tujuan ekspedisi yang akan saya lakukan bersama Pramuka OASE.
Salah satu tumbuhan yang terdapat di Pulau Rambut adalah Mangrove atau Tumbuhan Bakau. Mangrove adalah tumbuhan yang tumbuh di air payau, khususnya di tempat-tempat dimana terdapat lumpur dan akumulasi bahan organik.
Fungsi Mangrove bagi kehidupan :
1
.      Ekosistem hewan
Mangrove adalah tempat tinggal yang cocok bagi banyak hewan seperti biawak, kura-kura, monyet, burung, ular, ikan, udang.
2
      Mencegah Perembesan Air Laut ke Daratan
Dengan akarnya yang berfungsi menyaring lumpur Mangrove sangat efektif untuk mencegah perembesan air laut ke tanah daratan. Karena jika air laut sampai masuk ke tanah di daratan akan menyebabkan air menjadi payau dan tidak layak di konsumsi.
3  
     Mencegah Erosi dan Abrasi Pantai
Erosi adalah pengikisan permukaan tanah karena aliran air, sedangkan abrasi merupakan Pengikisan permukaan tanah akibat gelombang pantai. Mangrove memilik akar yang sangat bagus untuk melindungi tanah di wilayah pesisir pantai, dan dapat melindungi tanah dari kikisan air.
4 
     Bahan Baku Tempat Tinggal
Dengan kayu yang sangat kuat di beberapa daerah batang pohon dari mangrove digunakan sebagai bahan baku untuk rumah tinggal dan juga untuk bahan bakar untuk memasak.
Sumber: Wikipedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemping ceria Pramuka OASE

5 Cara Menolong Orang Tenggelam

Klasifikasi Tumbuhan sekitar dengan Teknik Herbarium