Asiknya Berpetualang bersama BoJah: Bocah Penjelajah

Hai teman, kali ini, aku mau membagikan pengalaman saat berpetualang bersama Bocah Penjelajah.

Journey to the waterworld
with BoJah

Tanggal: 10 Mei 2018
Hari ini kama sekeluarga bangun sekitar jam 4 pagi. Untuk pergi ke acara Journey to the waterworld yang diadakan oleh BoJah: Bocah Penjelajah di Bogor.

Kami sekeluarga bersiap-siap, membuat sarapan dan bekal makan siang lalu pergi mandi.

Jam 06:00 selesai persiapan papa menyalakan mobil lalu kami berangkat.

07:15 kami sampai di Gedung LIPI yang terletak di samoing Kebun Raya Bogor. Lokasi yang telah disepakati sebagai titik pertemuan.
Disana masing-masing anak diberi snack, berupa biskuit, coklat, dan susu.

Kami menunggu sampai dengan pukul 07:30 hingga semua peserta sampai.
Lalu mengucapkan salam perpisahan kepada orang tua masing-masing. Dan segera pergi menuju lokasi kegiatan.

Setelah melalui perjalanan selama 1 jam. Kami sampai di pintu masuk curug nangka.

Di acara pembukaan kami semua diberi quiz untuk mengetahui nama dan tempat sekolah teman perjalanan kami. Agar kami dapat saling mengenal dan mendekatkan diri.

Sesudahnya, team kami dibagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil, dengan cara diundi.

Aku mendapat kelompok merah dan adikku karen mendapat kelompok hijau.

Secara lengkap, kami terbagi dalam 3 kelompok, yaitu:
1. Pink
2. Hijau
3. Merah

Quiz 1.
Tantangan pertama adalah semua kelompok ditugaskan untuk menemukan pita sesuai dengan warna kelompok masing-masing. Untuk menuntun kami menuju Curug.

Kelompok yang paling banyak mendapat pita akan menjadi pemenang dan mendapat hadiah di akhir acara.

Kami pun melanjutkan perjalanan.
Di sepanjang jalan, kami menemukan 3 pita merah.

Beberapa menit kemudian kami sampai di sebuah curug.

Quiz 2

Mencari tahu nama curug tersebut. Aku mengetahui nama curug tersebut dari salah satu pengunjung. Menurut dia namanya adalah curug daun.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan.

Kali ini kami sampai di curug kedua.

Tantangannya masih sama, yaitu mencari tahu nama curug yang sekarang kami kunjungi.

Jawabanya adalah curug nangka.

Selesai menjawab quiz, kami semua pergi bermain di curug nangka.

Selesai bermain air di curug nangka, kami menuju warung, tempat kami menitip tas untuk persiapan makan siang.

Masing-masing anak diberi 1 bekal, padahal aku bawa bekal sendiri. Jadilah aku makan 2 kali.

Setelah selesai makan beberapa anak ikut pergi ke  masjid untuk melaksanakan ibadah sholat Dzuhur.

Dan bagi yang peserta yang agamanya berbeda atau sedang tidak ingin melaksanakan, dimjnta untuk menunggu dilokasi makan siang.

Karena bosan, aku berkeliling di daerah warung. Dan melihat ada beberapa orang yang berkemah yang membuang sampah sembarangan atau malah meninggalkan sampah, saat sedang bersiap siap pergi.

Setelah mengikuti acara zero waste adventure bersama Kak Pita, pemandangan yang aku saksikan membuat aku tidak menghargai orang-orang dewasa tersebut.

Untuk kalian yang 'katanya' mencintai alam dan suka berkemah, tolong jangan membuang sampah sembarangan atau meninggalkan sampah didaerah perkemahan.

Mari kita sama-sama belajar untuk menerapkan Kemping/Petualangan minim sampah.

Setelah selesai melakukan ibadah, kami semua kembali ke Curug Daun.

Disitu kami mendapat quiz ke 3 dan ke 4.

Quiz ke 3
Mencari orang yang bernama bang johnson dan tanya ikan apa saja yang dia jual. Akhirnya aku berhasil menemukan orang yang bernama bang johnson dan mendapat jawabannya, yaitu ikan gabus

Quiz ke 4
Kami diminta untuk mencari tau arti dari Curug dan Bahasa Inggris Nangka,
Jawabanku untuk pertanyaan yang pertama adalah: Curug adalah sebutan dalam bahasa sunda untuk Air Terjun (it is waterfall, in english)

Dan jawaban dari pertanyaan yang kedua adalah Bahasa Inggrisnya Nangka, yaitu Jackfruit.

So, it means we are visiting Jackfruit Waterfall. What a strange name, Lol.

Selesai menjawab semua pertanyaan aku mengembalikkan kertas ke kakak pembina.

Setelah itu kami bermain mini game, berpasangan membawa balon, lalu bermain bola sendok.

Setelah selesai bermain.

Sebagai acara penutup, kami semua memancing berasama Pak Johnson dan mendapat ikan hias (cupang) dan ikan gabus.

Lalu kami bersiap pulang dan menuju Mepo (Meeting Point) untuk menemui orang tua kami yang sudah siap untuk menjemput.

Namun, karena tadi pagi aku dan adiku sudah minta ijin dengan mama dan papa untuk pulang sendiri naik Kereta.

Jadilah, kami melanjutkan petualangan kami di Transportasi umum.

Terimakasih untuk orang tua dari temanku,  yang sudah bersedia mengantarkan kami sampai di stasiun Bogor.

Terimakasih juga untuk kakak pendamping, untuk permainan yang seru.

Petualangan kali ini, sungguh melelahkan namun aku bahagia.