4 Bahaya berkegiatan di pantai dan Cara Mencegahnya

Sumber: Pexels

4 Bahaya berkegiatan di pantai dan Cara Mencegahnya

1.    Arus balik

Arus balik adalah hal yang sangat membahayakan, karena saya pernah mengalaminya. Saat itu saya sedang bermain papan seluncur dan tertarik arus balik dari gelombang laut, yang membuat saya menjauhi bibir pantai. Saya mencoba melawan arus namun kekuatan alam mengalahkan saya dan membuat kelelahan. Ada beberapa kasus, arus balik dapat menyebabkan kematian karena kehabisan tenaga melawan arus dan akhirnya tenggelam.
Cara mencegah Arus Balik
Saat kamu terjebak dalam arus balik, sevbaiknya jangn panik dan biarkan mengikuti arus dan setelah gelombang tenang, bisa berenang ketepian.

2.    Terbakar Matahari

Terbakar matahari atau bisa juga disebut Sun Burn terjadi karena tubuh kita terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama tanpa menggunakan perlindungan. Gejalanya tidak terlihat secara langsung makanya kita sering terlambat menyadarinya setelah kulit kita menjadi merah, kering, dan menyakitkan.
Cara mencegah Terbakar Matahari
Gunakan baju renang tertutup, topi, dan berlindung di bawah bayang-bayang. Sebelum berkegiatan dibawah sinar matahari secara langsung kita gunakan ‘sunscreen’ dan ulangi setiap setengah jam sekali. Jangan lupa gunakan kaca mata untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultra violet secara langsung.

3.    Lubang di pasir

Sebagai anak-anak saya suka sekali bermain pasir, membuat istana pasir dan menggali lubang di pantai. Namun, jika disepelekan lubang di pasir daapat membahayakan orang lain yang tidak melihatnya, dan bisa membuat terjatuh atau tertimbun pasir.
Cara mencegah Lubang Pasir
Jangan menggali lubang pasir melebihi lutut dan tutup kembali lubang yang telah kita buat.

4.    Bakteri E. coli

Bakteri E Coli adalah bakteri pemakan daging, biasanya karena terdapat kotoran didalam air. Gejala yang ditimbulkan adalah muntah, diare, sakit perut, dan demam ringan.
Cara mencegah bakteri E Coli
Minum air yang telah dimasak, cuci tangan setelah berkegiatan, usahakan tidak minum air laut saat berenang dipantai.

Posting Komentar

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates