LDK: Day 2

Day 2

Kita semua bangun dan pergi ke parkiran di aula untuk senam pagi dan main game.
(Sumber gambar: Andro)

Tapi karna aku telat datengnya saat ke stasiun aku, Katya, Tre, Ziel dab 2 anak lainnya ikut dihukum menyiapkan sarapan, Jadi kita membawa piring dan makananya dari dapur lalu menyiapkan sarapannya sesuai porsi yaitu 2 sendok nasi nasi goreng 1 telur dan 2 potong timun, Lalu setelah selesai menyiapkan barulah kita semua sarapan bareng.

Selesai makan kita balik ke lapangan dekat camping ground dan disitu kita diajarkan banyak sekali bushcraft, Bushcraft itu seperti ketrampilan bertahan hidup di alam liar. Jadi saat kita tersesat di hutan kita bisa bertahan hidup dengan cara mempraktekan bushcraft ini.

Yang pertama diajarkan itu adalah simpul tali-temali disini kita diajarkan simpul untuk menyambungkan tongkat, Membuat tali pendek tanpa perlu memotongnya, Dan lain-lain

(Sumber gambar: Andro)

Selanjutnya adalah cara membuat api step by step dan apinya akan kita pakai untuk membakar ikan nanti.

Setelah itu kita juga memasak makan siang bersama, Untuk makan siang kita diberi ikan untuk dimasak tapi syaratnya itu kita harus memotong ikannya dari awal, Aku sempat kesusahan saat mau menyisik ikannya karna ikannya licin dan tersu bergerak, Jadi akhirnya aku minta tolong Hasya untuk menyisik ikannya dan aku yang mengeluarkan organ dalam ikannya.

Selesai memotong ikan, Ikannya kita bakar dan cuma satu ikan yang kita kasih garam yang satu laginya lupa untuk side dish kita memasak singkong rebus dan pisang bakar.

(Sumber gambar: Andro)

Saat makan siang sudah mau mulai kita dapat tugas memotong ayam untuk makan malam nanti 1 ayam untuk 2 regu dan karna kita harus motong ayamnya saat masih hidup, Jadi ga ada yang mau Hasya udah mau berkorban aja untuk jadi relawan tapi karna dia lagi masak akhirnya aku yang bantu untuk motong ayamnya, Tapi pas nyampe sananya aku cuma disuruh cabut bulunya doangsih jadi aku cabut bulunya bareng Fattah dan Ziel lalu balik untuk makan siang, Saat balik makan siang aku aga salty dikit karna pas balik hampir ga ada sisa maksudnya ada sisa tapi cuma sedikit.

Makan siang selesai dan kita beres-beres lalu naik ke parkiran di aula, Di situ kita baris-berbaris dan menyanyikan lagu yel-yel dari masing-masing regu.

Selesai menyanyikan yel-yel kita diminta untuk jalan ke berbagai pos sesuai urutan angka dan karna kita kebagian nyanyi yng ke 6 kali kita dipasangkan dengan koki'o dan jadi regu 3, Kita semua jalan ke pos 3 dan disitu kita diminta menyanyikan yel-yel regu masing-masing, Lalu kami mulai bermain nama gamenya adalah 'Human ladder' basically cara mainnya itu 2 orang didepan akan ngangkat bambu terus pilihlah orang paling ringan atau kecil di regu lalu lanjut aja sampai titik akhir.

(Sumber gambar: Andro)

Setelah kita mendapatkan bendera tanpa ada yang jatuh maupun luka kita berjalan ke pos selanjutnya sambil menyanyikan 'yel-yel terima kasih kakak', Di pos kali ini kita main game pindah air ke piring, Triknya itu kita taruh orang paling tinggi di depan dan yang paling pendek dibelakang untuk piring juga piring paling ceper kita taruh di orang terakhir karna kita pikir saat sampai di belakang airnya gak akan sampai terlalu banyak juga, Round 1 kita ga mencapai goals yang kita mau tapi di round 2 kita belajar untuk tidak menaruh goals yang mungkin akan sulit kita capai di awal.

Saat jalan ke pos selanjutnya aku udah menggigil banget karna Anja gak sengaja tumpahin airnya ke aku saat aku belum siap, Di pos kali ini kita main di spider web dan di game ini kita benar-benar butuh kerja sama tim dan tidak boleh egois, Di pos ini kita dipuji oleh kakak-kakak yang menjelaskan game ini, Kita dipuji karna kerja sama tim kita bagus banget di tim sebelimnya ada beberapa orang yang berpikir mereka bisa ngelewatin spider webnya sendiri.

Di pos terakhir kita bermain dragon fly dan kita berhasil mengambil 8 telur naga.

(Sumber gambar: Andro)

Setelah bermain diseluruh pos kita istirahat di lapangan dekat parkiran sambil dijelaskan apa maksud dari game di semua pos dan game selanjutnya.

Di game selanjutnya kita harus membawa bola dengan tali dan hanya boleh menarik talinya dengan 1 tangan, Walaupun ga berhasil membawa bolanya sampai titik akhir kita tetap senang karna bisa belajar kerja sam dari game itu.

Selesai semua game kita dijelaskan makna dan arti dari game yang kita mainkan di setiap pos, Karna semua game sudah selesai aku dan kalila balik ke tenda ngambil baju lalu mandi, Selesai mandi kita balik ke tenda ketemu Tata lalu masak nasi sambil latihan nyanyi bareng lagu Dekat di hati.

Nasi sudah matang dan kita juga sudah dipanggil berkumpul untuk makan malam, Jadi aku ganti baju ke pramuka dan ngumpul di lapangan untuk makan malam.

(Sumber gambar: Andro)

Setelah 15 menit makan malam banyak yang masih lapar karna saking buru-buru makannya, Selesai makan kita sudah harus baris lagi untuk jalan malam sebelum jalan aku sebenarnya pengen ke toilet dulu tapi karna regu kita sudah dipanggil aku ga sempat ke toilet, Sebelum berangkat kita dijelaskan harus bilang "salam pramuka" pada setiap orang yang kita temui dan jika orang itu jawab "salam setia" berarti orang itu juga bagian pramuka, Kita juga membawa pesan yang harus banget disampaikan di pos terakhir,

Setelah dijelaskan panjang lebar barulah kiya diijinkan jalan, Di jalan kita nyanyil lagu dekat di hati sesuai part masing-masing dan sampailah kita di pos 1 disitu kita ditanyam kenapa mau ikut LDK dan kita dipaksa untuk memberi tahu pesannya, Tapi akhirnya kita berhasil ngelewatin pos 1 dan lanjut jalan ke pos 2 sambil bernyanyi, Saat dalam perjalanan ke pos 2 kita kagey banget karna tiba-tiba ada background music yang serem dan batu putih yang kita lewati kalau dari jauh terlihat seperti kabut dan saat kita mau mulai lari tiba-tiba ada karung yang jatuh awalnya aku kira dari jauh itu perempuan yang pakai mukena dan jatuh sambil sujud dusamping karungnya ada orang duduk da saat kita teriaki "salam pramuka!" orang itu ga menjawab jadi kita lanjut jalan.

Sampai di pos 2 ternyata ada 2 jalan di pos 1 kita cuma dibilang jalan lurus saja jadi kita berempat langsung ketakutan apalagi saat kita bilang salam pramuka ke bapa-bapa yang lewat dia gajawab dan saat kita coba bilang salam pramuka ke kakak yang duduk dipinggir jalan dia cuma ngajak kita duduk, Akhirnya kita duduk dan kita juga dikasih minuman tapi minumannya aku tumpahin tapi Tata, Kalila dan Hasya malah minum minumannya padahal kita bawa minuman sendiri, Dan akhirnya kita gagal di pos kedua karna ngasih tau kita punya pesan dan kita minum racun.

Saking paniknya aku lanjut jalan aja dan cuekin orang yang duduk di jalan berbelok karna kita hampir ngelawatin pos 3 kita dipanggil sama orang bermasker itu dan dia jawab salam kita, Orang bermasker itu bilang kalau jalan harus hati-hati dan lihat sekitr an saat dia ngomong begitu tiba-tiba ada suara kresek-kresek dari semak-semak Tata dan Hasya langsung pelukan tapi aku ga mau lihat apapun yang ada di semak itu, Orang yang kita temui di pos 3 scuma bilang ikutin jalan lurus ini saja.

Akhirnya kita lanjut jalan dan ketemu Fattah dan kak Budi, Disitu kita ditanya kenapa ikut LDK dan bedanya homeschooling sama sekolah biasa, Aku ga semapat jawab karna aku sudah dipanggil duluan untuk menyampaikan pesannya, Aku menyampaikan pesannya ke kak Andit dan aku sempat ragu ini pos terakhir atau bukan jadi aku tanya itu berkli-kali dan kalau aj=ku ingat di pos terakhir akan ada api unggun dan aku melihat api unggun di tengah lapangan jadi aku gak terlalu curiga dan memberi tahu pesannya.

Setekah 3x melisankan pesannya aku berhasil memberi tahu 80% pesan itu, Kak Ansit bilang kalau 50 tahun yang lalu kita ga akan hafal pesannya kita bakal ditembak apalagi gayaku itu agak mencurigakan tapi kak Andit juga bilang gayaku boleh cuek tapi disaat kritis aku bisa beradaptasi sama lingkungan, Aku agak terharusih jadi aku aga nangis sedikit dan curhat, Karna sudah memberi tahu pesannya aku sudah safe dan aku duduk dipinggir berjauhan dari reguku.

Karna aku lupa ke toilet sebelum pergi aku jadi tambah kebelet dan pengen buru-buru turun, Jadi aku bilang ke salah satu mentor dan aku dianterin ke toilet si villa naik motor sebenernya aku bisa dibilang beruntung banget karna beberapa anak ga bisa ke toilet dan yah begitulah.

Sebelum menyalakan api unggun anak-anak yang dipilih untuk membaca dasa dharma membacakan dasa dharma sambil menyalakan api unggunnya, Saat api unggunnya sudah nyala udara yang tadimnya dingin jadi sangat hangat, Dan nyalanya api unggun sambil diiringi kakak-kakak mentor yang bernyanyi jadi sangat menenangkan dan juga menyenangkan.

(Sumber gambar: Andro)

Karna sudah malam kit ajalan bersam kembali ke villa, Sebelum kembali ke tenda kita mampir ke villa mentor untuk numpang ke toiletnya karna toilet yang iasa rame, Setelah itu kita balik ke tenda ganti baju dan akhirnya tidur.